Pexels Mstudio 1240892

3 Kiat Memilih Sepatu Biar Kaki Kamu Nggak Bermasalah

Hati-hati. Salah beli sepatu bisa bikin kaki kamu cedera lho. Mending simak 3 tips berikut ini, sebelum kamu beli sepatu lagi.

Di zaman sekarang, sepatu itu sudah jadi bagian penting bagi anak muda buat membantu menjaga penampilan biar tetap keren dan trendy. Belum lagi padatnya aktivitas yang kamu punya dan mengharuskan pakai sepatu terbaik yang bukan cuma keren buat penampilan tapi juga nyaman. Misalnya buat kuliah, kerja, ketemu klien sampai urusan nongkrong juga perlu sepatu yang oke, bukan?

Tapi masalahnya, ada beberapa resiko yang mungkin terjadi kalau kamu salah pilih sepatu. Kalau kita kutip dari Victoria State Government, resiko yang muncul kalau kita salah pilih sepatu itu bisa bikin kaki cedera, mulai dari kulit kaki melepuh, muncul nyeri di jari kaki sampai tulang jari kaki yang bisa berubah lho.

Jadi, gimana dong caranya pilih sepatu yang cocok dan nggak bikin kaki bermasalah? 

Berikut ini 3 langkah yang bisa kamu lakukan sebelum memutuskan membeli sepatu untuk menunjang penampilan kamu, biar kaki kamu tetap aman dan nyaman.

1. Pilih Jenis Sepatu yang Sesuai Kebutuhan

Pexels Pixabay 267177
Sumber: Pexels

Sebelum kamu beli sepatu, pastikan dulu jenis sepatu seperti apa yang kamu butuhkan. Entah itu keperluan sepatu untuk olahraga, acara formal atau sekedar hangout bareng teman-teman.

Dengan kamu menentukan sepatu sesuai kebutuhan, kamu bisa punya karakteristik dan model seperti apa yang cocok buat kamu. Misalnya, untuk kebutuhan formal maka kamu bisa memilih sepatu yang terbuat dari bahan kulit, punggung kaki rendah dan warna lebih dominan gelap. Lalu untuk kebutuhan hangout atau santai, kamu bisa pilih yang ringan biar nyaman dipakai dan persoalan warna lebih fleksibel. 

Jenis sepatu bisa disesuaikan dengan aktivitas/agenda yang bakal kamu lakukan. Misalnya, sepatu sneakers buat olahraga, slip on shoes buat main bareng teman, atau kamu mau tampil formal pakai sepatu Loafers dan Wedges. Pastinya, untuk berat sepatu harus kamu pertimbangkan ya, karena kondisi kaki setiap orang beda-beda.

Kalau memungkinkan kamu juga bisa cek ketebalan sol sepatu dan pilih yang nggak mudah aus atau terkikis. Dan yang paling krusial adalah ukuran sepatu yang kamu pilih. Pastikan ukuran yang kamu pilih memang sesuai, karena ukuran kaki seseorang bakal berubah seiring bertambahnya waktu. Itulah kenapa lebih baik kamu coba ukur ulang kaki kamu sebelum membeli sepatu.

2. Cek Detail Bahan Sepatu yang Kamu Beli

Pexels Alexandra Maria 318236
Sumber: Pexels

Pastinya kamu harus cek detail bahan sepatu yang bakal kamu beli, sesuaikan bahan sepatu dengan aktivitas dan keinginan kamu. Entah itu sepatu berbahan karet, kulit, atau kanvas.

Sepatu karet, meskipun nyaman digunakan dan aman di musim hujan tapi bahan karet kurang efektif mengamankan tumit dan bisa mengakibatkan kapalan di kaki hingga tendinitis untuk jangka panjang. Jadi, sepatu berbahan karet direkomendasikan hanya digunakan untuk jangka pendek saja ya.

Sepatu berbahan kulit, sepatu ini ada yang memang terbuat dari kulit asli atau sintetis. Biasanya sepatu ini cenderung awet tapi relatif lebih berat dan pilihan warna yang terbatas.

Nah, kalau sepatu berbahan kanvas biasanya lebih ringan dan punya banyak pilihan warna yang bisa disesuaikan sama outfit kamu, tapi bahan ini mudah lembab dan alas kaki sepatu ini biasanya lebih mudah rusak dibanding bahan lainnya.

3. Coba Pakai Sepatu di Siang Hari

Pexels Jens Mahnke 1153838
Sumber: Pexels

Mungkin kiat ini masih asing buat kamu, tapi ternyata pemilihan waktu penggunaan sepatu juga berpengaruh ke sepatu yang bakal kamu pilih. Misalnya kamu membeli di toko secara langsung, maka waktu yang paling pas itu di siang hari. Kenapa? Karena di waktu siang hari itu kaki kamu berubah menjadi lebih besar dibanding waktu-waktu lainnya, sehingga kamu bisa sesuaikan ukuran sepatu tanpa perlu khawatir kekecilan.

Kalau kamu sudah terbiasa belanja online buat segala kebutuhan kamu. Jangan khawatir, kamu juga bisa sesuaikan ukuran sepatu kamu sebelumnya dan cukup dengan kamu coba pakai sepatu baru kamu di siang hari karena saat itulah kaki kamu dalam kondisi paling besar. Jadi, kamu nggak perlu worry lagi seputar ukuran sepatu yang bakal kekecilan.


Dari ketiga kiat barusan, pastikan ada sedikit jarak antara bagian depan jempol dengan ujung sepatu kamu ya. Kalau jari-jari kaki kamu bebas bergerak di dalam sepatu, itu artinya sepatu tersebut lebih nyaman digunakan dan nggak ada resiko cedera ataupun masalah tertentu dengan sepatu yang kamu pakai.

Nah, sekarang kamu jadi lebih yakin kalau mau beli sepatu lagi kan? Jangan asal beli sepatu karena cuma terlihat keren aja ya, tapi pastikan juga aman dan nyaman saat digunakan.

Jawapos 970x250 Ditoko
SUmber: Dok. Ninja Xpress

Kamu bisa cek Ditoko.com buat pilih sepatu favorit yang bisa menunjang penampilan tapi tetap aman dan nyaman. Soal harga? Jangan khawatir. Banyak banget pilihan harga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kamu pastinya. Jadi, tunggu apalagi?

Featured image by Mstudio from Pexels