5 Rekomendasi Channel YouTube Indonesia Buat Mulai Bisnis E-commerce

Ninja Van

5 Rekomendasi Channel YouTube Indonesia Buat Mulai Bisnis E-commerce

Belajar mulai usaha murah dan mudah langsung dari pengusaha sukses di channel Youtube mereka!

Hai Teman Ninja!
Setuju nggak sih, kalau Youtube jadi salah satu platform media sosial yang paling berpengaruh di dunia? Kok Bisa? Jangan kaget. Total pengguna Youtube di Indonesia aja, sekarang sudah mencapai jumlah 93 juta pengguna. 

Hal ini bisa terjadi karena Youtube punya macam-macam konten, fleksibilitas yang bagus dan semuanya bisa kita tonton pakai fitur on demand  milik Youtube. Hmm, menarik yah.

Nggak cuma itu, kita juga bisa dengan mudah belajar berbagai hal baru cukup nonton video-video di YouTube sesuai dengan kata kunci yang kita cari, termasuk tips gimana memulai bisnis E-commerce sendiri.

Jadi, inilah 5 rekomendasi  channel Youtube Indonesia yang bertemakan bisnis E-commerce spesial buat teman-teman Ninja. Siapa tau, bisa nambah inspirasi dan bisa bikin bisnis laris setiap hari.

Denny Santoso

Denny Santoso terkenal sebagai salah satu ahli digital marketing di Indonesia. Nggak cuma itu, beliau juga merupakan motivational speaker, konsultan bisnis dan juga penulis. Karirnya dimulai pada tahun 1999 saat membuat perusahaan Jaya Sportindo, spesialisasi industri fitness. Serta portal media fitness bernama DuniaFitness.com (2008). Perusahaan tersebut berhasil menjadi distributor suplemen kesehatan terbesar di Indonesia loh!

Kabar baiknya, beliau punya channel YouTube sendiri sejak tahun 2007. Sekarang, beliau sudah punya 287 ribu subscribers! WOW! Konten andalan beliau selalu fokus obrolin seputar bisnis tradisional dan modern. Nah, ada beberapa alasan buat nonton channel Youtube Denny Santoso. Yang pertama, kamu nggak cuma bisa belajar tips berbisnis, tapi juga bisa termotivasi buat dapetin solusi dari keraguan kamu sebelum memulai bisnis. Ada juga tutorial yang bisa kamu tonton tentang bagaimana membuat business plan dengan baik. 

Berikut rekomendasi video dari Mimin yang wajib Teman Ninja tonton dari channel Youtube Denny Santoso:

Bingung gimana sih cara menganalisa permintaan pasar, apa aja yang lagi diminati banyak orang, dan lainnya? Nah video ini, cocok buat Teman Ninja tonton!

Teknobie

Mulai tahun 2018 sampai sekarang, Teknobie adalah salah satu channel Youtube kategori bisnis terbesar di Indonesia. Channel ini dipandu oleh Michael Sugiharto, founder sekaligus direktur dari Digimaru, yaitu salah satu sekolah bisnis dan digital marketing top di Indonesia. Channel Teknobie sudah punya subscriber sebanyak  517 ribu. Banyak yah? Nggak heran, soalnya channel ini punya banyak konten informatif seputar bisnis.

Ada beberapa alasan kenapa kamu harus nonton konten-konten Teknobie . Teknobie sering berkolaborasi dengan Youtuber hitz Indonesia lainnya. Nggak cuma itu, bahasa yang dipakai Michael sangat mudah dimengerti, bahkan buat orang awam di bidang bisnis. Teman Ninja juga bisa loh belajar banyak tutorial bisnis dari yang paling dasar sampai level lanjutan.  

Berikut ini 2 video rekomendasi yang harus kamu tonton, kalau kamu adalah pemilik bisnis pemula: 

Video ini bisa bantu kamu untuk mulai bisnis online yang ideal berdasarkan minat, panutan yang sukses, pelanggan, kategori, serta platform penjualannya.

Rico Huang

Wah, selalu salut sama si pengusaha muda, Rico Huang. Punya segudang pengalaman bisnis di usia yang masih muda bikin namanya jadi salah satu pengusaha tersukses di Indonesia. Padahal, Rico bukan terlahir dari keluarga kaya loh. Dia memulai perjalanannya dari bawah, dengan menjual aksesoris handphone. Setelah itu, dia pun merasakan banyak kegagalan sejak masih sekolah. Tetapi hal itu membuat mentalnya semakin kuat seiring berjalannya waktu. Sekarang, dia adalah co-founder dari DropshipAja.com (supplier produk kustom) dan juga Alona.co.id (website belajar bisnis online). 

Nah, Rico Huang memulai channel Youtube-nya pada tahun 2012. Dan sekarang channel miliknya sudah menembus 738 ribu subscriber loh. Ada beberapa alasan kenapa kamu harus nonton channel Youtube Rico Huang. 

Pertama karena Rico ingin membantu orang-orang untuk percaya diri dalam memulai bisnis dan ingin membantu para pengusaha di Indonesia untuk menciptakan ekonomi yang lebih baik. Hal tersebut Rico lakukan dengan cara memberikan berbagai tips bermanfaat dalam bisnis dan marketing. Kemudian Rico Huang juga sering mengundang pengusaha sukses lainnya atau public figure seperti Anya Geraldine untuk diwawancarai seputar pengalaman bisnis mereka.

Nah, berikut ini rekomendasi video dari Rico Huang untuk Teman Ninja yang masih baru belajar bisnis:

Saat ini, bisnis nggak cuma didominasi orang tua, tapi juga anak muda! Jadi video ini pas buat nambah ide bisnis yang cocok bagi anak muda. Dan tentunya, segala ide bisnis yang dibagikan oleh Rico Huang nggak perlu modal yang besar.

Chandra Putra Negara

Kalau kamu mau cari konten seputar tips dan trik dalam berbisnis, cobain juga nih buka channel Youtube “Success Before 30”. Salah satu channel Youtube bertema bisnis terbesar di Indonesia. Nggak main-main, jumlah subscriber channel ini sudah menyentuh angka 3.44 juta!

Siapa lagi kalau bukan Chandra Putra Negara yang jadi sosok di balik konten-konten kreatif dan inspiratif di channel Success Before 30.  Chandra adalah salah satu pengusaha sukses Indonesia yang berhasil punya pendapatan 1 juta Dollar AS sebelum berusia 30 tahun.

Alasan kenapa kamu harus nonton konten-konten di channel ini, yang pertama adalah unik. Yup, kalo main ke channel Youtube ini kamu nggak cuma dapetin  ilmu seputar bisnis aja. Kamu juga bakal nemuin topik-topik lain seperti pola pikir, hubungan, keluarga sampai rekomendasi buku.Eits, tapi nggak usah kaget, karena menurut Chandra yang namanya bisnis selalu berhubungan sama banyak hal dari sisi kehidupan. Wah enak banget yah, sambil belajar bisnis sambil dapetin ilmu seputar kehidupan juga. 

Alasan selanjutnya karena Chandra selalu total buat kasih ilmu di channel miliknya. Semangat di balik pendirian channel Success Before 30 adalah untuk membagikan hal-hal yang inspiratif dan edukatif versi Chandra.

Sudah pernah mampir ke YouTube milik Success Before 30? Kalau belum, ini saatnya buat belajar bisnis online gratis! Yuk coba tonton video rekomendasi dari mimin dari channel ini:

Nah, kalo video satu ini bisa ditonton kamu-kamu yang baru mulai bisnis atau yang sudah punya bisnis tapi penjualan kok nggak laris-laris. Chandra punya jawaban dan tips gimana sih cara jualan yang nggak keliatan jualan.

Christina Lie

Butuh inspirasi dari pelaku bisnis sambil belajar berbagai tipe bisnis dengan ads  gratis? Channel YouTube Christina Lie pas jadi jawabannya! Christina Lie merupakan seseorang yang jago menggunakan Facebook Ads dan seorang digital marketer. Christina Lie merupakan pemilik bisnis distribution channel bernama 101RED.com yang konsepnya mirip dropship.

Alasan kenapa kamu nggak boleh lewatin channel ini gitu aja, karena Christina mengemas konten-kontennya dengan konsep talk show dan mengundang berbagai entrepreneur sukses dari berbagai lini bisnis. Jadi channel ini memang memiliki kredibilitas yang kuat.

Nggak cuma itu, Christina juga dikenal meraih kesuksesannya di dunia bisnis bukan dari jalan yang mulus. Ia pernah mengalami kebangkrutan hingga 3M dan tidak punya uang untuk beli susu anak. Christina seringkali berbagi cerita tentang perjuangan bisnisnya di akun YouTube miliknya. 

Nah, buat kamu yang penasaran dan bingung konten mana yang harus ditonton dari channel Christina, kamu bisa coba dari rekomendasi mimin dulu:

Video ini cocok banget buat ditonton Teman Ninja yang baru mulai usaha atau kamu yang sudah punya bisnis tapi masih bingung gimana caranya bikin konten yang bisa bikin banjir orderan.

Gimana Teman Ninja, jadi makin semangat buat bulatin tekad berbisnis E-commerce nggak? Buat kamu yang udah jalanin bisnis, jadi makin termotivasi dong dapet sumber ilmu baru?

Ingat, ilmu bisa kita dapat dari mana aja. Jadi kalau kita belum mampu untuk belajar dari sekolah bisnis atau kuliah demi dapetin gelar bisnis, jangan menyerah.

Ternyata, masih banyak orang baik dengan segudang ilmu dan pengalaman di luar sana yang mau membantu mengejar mimpi teman-teman Ninja untuk punya usaha. Contohnya? Ya para YouTuber bisnis ini. Serunya lagi,  kamu bisa nonton semua konten mereka  GRATIS, kapan aja di mana aja. 

Jadi, semangat ya, dan jangan lupa untuk terus belajar!

Featured image by NordWood Themes from Unsplash

Daftar isi

    Videos

    Shares