Catat! 5 Event Belanja Terbaik di Indonesia Juni-Desember 2021

Ninja Van

Catat! 5 Event Belanja Terbaik di Indonesia Juni-Desember 2021

Manfaatkan kesempatan untuk memaksimalkan penjualan produk di lima event belanja ini!

Waktu rasanya begitu cepat berlalu, tanpa terasa kita sudah sampai di pertengahan tahun 2021. Kalau diingat-ingat lagi, tahun lalu kita semua berjuang bersama menghadapi Pandemi COVID 19 yang rasanya nggak selesai-selesai. Sampai hari ini berita tentang pandemi juga masih ramai di mana-mana. 

Walaupun banyak dari kita yang merasa dirugikan akibat pandemi, tapi ternyata banyak juga pihak-pihak yang malah sejahtera. Terutama untuk para pebisnis ritel di Indonesia. Nggak cuma itu, pandemi juga membawa banyak perubahan kepada kita semua. Salah satunya perubahan cara transaksi dari yang offline, menjadi online. Waah… pantes aja ya, bisnis usaha online laris di mana-mana. Minimnya aktivitas di luar, bikin orang-orang jadi senang belanja cukup dari rumah aja. Hihi, Teman Ninja termasuk juga nggak?

Nah biar momen penjualan makin joss markojos, Mimin udah siapin informasi seputar 5 event belanja terbaik di Indonesia tahun 2021. 

Supaya Teman Ninja yang berperan sebagai shipper bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memaksimalkan penjualan produk. Yuk, baca artikelnya sampai habis ya! 

1. Event Belanja di Hari Gajian (Payday)

Payday Horayyyyy!

Saat gajian tiba, rasanya hampir semua brand ternama, olshop di marketplace, mall dan supermarket kompak janjian menawarkan potongan harga menarik. Maklum, namanya juga promo di hari gajian. Hari di mana orang-orang lagi kegirangan karena punya uang.

Promo gajian juga konon katanya dipercaya bisa menghemat banyak pengeluaran karena diskon besar-besaran banyak ditawarkan. Banyak masyarakat (mimin juga termasuk sih) jadi semangat untuk berbelanja. Alhasil, daya beli jadi meningkat deh!

Nah Teman Ninja, ada baiknya kamu juga jangan mau kalah buat nyiapin diskon yang menarik. Sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, kamu juga bisa menarik banyak pelanggan baru melalui penjualan di event ini. 

Periode: Biasanya berlangsung mulai dari tanggal 25 setiap bulannya hingga awal bulan berikutnya sebelum tanggal 10. 

Popularitas: Promo payday sudah bukan rahasia lagi jadi yang paling  ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Selain itu, hari gajian selalu berhasil meningkatkan daya beli masyarakat. 

2. Promo Tanggal Kembar

Selain anak kembar, ternyata tanggal kembar juga banyak yang suka loh. Tapi apa hubungannya sama strategi bisnis nih? 

Eits, ada dong. Teman Ninja pernah kepikiran nggak sih, kenapa setiap bulan pas tanggal kembar seperti 6.6 (6 Juni), 7.7 (7 Juli) selalu ada diskon besar-besaran di e-commerce?

Nah, cara ini digunakan banyak e-commerce Indonesia sebagai sarana promosi untuk menarik lebih banyak pembeli. Dengan memakai tanggal kembar setiap bulannya, jadi lebih mudah buat diingat oleh pembeli. Hal ini cocok banget sama kebiasaan pembeli Indonesia. Kenapa? Percaya nggak percaya, masyarakat indonesia itu dikenal sebagai ‘tukang belanja’. 

Yang mimin kutip dari CNBC Indonesia, dari data delapan pemain utama e-commerce Indonesia, Bank Indonesia (BI) mencatat nilai transaksi mencapai Rp77,766 triliun. Bahkan selama Januari 2019, BI mencatat nilai transaksi sudah mencapai angka Rp8,204 triliun, meningkat 135,8% dibandingkan Januari 2018.

Jadi, ikut berpartisipasi di event tanggal kembar di  setiap bulan adalah cara yang bagus buat kamu terapkan untuk meningkatkan penjualan kamu. Jangan lupa dicoba ya Teman Ninja.

Periode: Biasanya berlangsung hanya 1 hari setiap tanggal kembar di setiap bulannya. Nggak usah sedih tanggal 6.6 sudah lewat, masih ada tanggal kembar lain di bulan-bulan berikutnya.

Popularitas: Promo tanggal kembar juga termasuk jadi hari yang ditunggu-tunggu banyak orang karena sering banyak diskonan. Kesempatan ini nggak bisa kamu biarkan karena saat tanggal kembar tiba banyak orang belanja dan membuat daya beli masyarakat meningkat.

3. Promo Hari Kemerdekaan

Source: Unsplash

Memperingati hari kemerdekaan banyak cara yang bisa dilakukan. Hal ini membuat banyak pelaku bisnis nggak mau ketinggalan momen untuk meningkatkan penjualan. 

Saat hari kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus tiba, biasanya jadi hari libur nasional. Kesempatan ini banyak dimanfaatkan  marketplace, gerai makanan, mall dan masih banyak lagi berlomba-lomba mengadakan diskonan spesial hari kemerdekaan. Karena libur, orang-orang bisa lebih fokus untuk berburu diskonan.

Jumlah diskon yang ditawarkan berbeda-beda. Mulai dari disesuaikan dengan tanggal kemerdekaan (diskon 17%)  sampai banting harga besar-besaran. Semuanya bertujuan untuk menarik perhatian.  Atau, Teman Ninja juga bisa melakukan gimmick seperti bikin produk bernuansa merah putih limited edition spesial Hari Kemerdekaan. 

Jadi, jangan sampai kelewatan momen libur Hari Kemerdekaan untuk meningkatkan penjualan kamu dengan ikutan bikin ‘acara diskonan’ .

Periode: Biasanya berlangsung hanya 1 hari setiap tanggal 17 Agustus

Popularitas: Promo Hari Kemerdekaan termasuk hari yang ditunggu-tunggu banyak orang karena sering banyak diskonan. Kesempatan ini nggak bisa kamu biarkan karena saat tanggal 17 Agustus jadi libur nasional dan orang-orang bisa lebih fokus untuk berburu diskonan.

4. Harbolnas

Source: Unsplash

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) tahun 2020 kemarin  berhasil mencatat nilai transaksi sebesar Rp. 11,6 triliun loh! 

Nggak cuma itu, profil konsumen Harbolnas secara usia ternyata sangat variatif. Kalo berdasarkan info dari money.kompas.com  ada sebanyak 36% konsumen yang berusia 15-24 tahun, 34% berusia 25-34 tahun dan 19% berusia 35-44 tahun. Tentu hal Hmm, berarti kalau kita tarik kesimpulan ternyata Harbolnas adalah salah satu event belanja yang super diminati masyarakat Indonesia. 

Menurut zyro.com/id ada tiga kategori produk teratas yang kemungkinan akan laku keras hingga akhir 2021, yaitu perlengkapan bayi dan anak, alat dan aksesoris elektronik, dan perlengkapan hewan peliharaan. 

Nah, berangkat dari informasi-informasi tersebut, sekarang saatnya Teman Ninja ikutan bikin promo menarik seperti potongan harga, paket bundling, dsb untuk mendongkrak penjualan. Selain itu, marketplace juga pasti akan memberikan banyak promo  khusus untuk pembeli. Jadi, ini saat yang tepat buat maksimalin penjualan produk kamu lewat marketplace pilihanmu di Harbolnas. Jangan lupa, kalau buat pengiriman Ninja Xpress siap jadi andalan!

Periode: Harbolnas akan diadakan pada 12 Desember 2021 

Popularitas: Menjual produk di Harbolnas sangat menguntungkan! Karena banyak orang yang memang sengaja menunggu dan berencana untuk berbelanja di event yang satu ini. Termasuk Mimin ehehehe.

5. Natal dan Tahun Baru

Source: Unsplash

Natal dan tahun baru punya beberapa persamaan. Salah satunya, waktu di mana kebutuhan banyak orang meningkat. Mulai dari bahan makanan buat pribadi, sampai kirim-kirim hampers untuk kerabat juga bakalan banyak terjadi. 

Buat Teman Ninja yang menjalani bisnis kreatif juga makanan dan minuman. Momen ini adalah momen yang tepat buat kamu memaksimalkan usahamu loh. Karena eh karena, aneka produk seperti kartu ucapan, hiasan natal, souvenir, serta kue kering akan meningkat permintaannya. 

Selain bisa meningkatkan penjualan, Teman Ninja juga bisa memaksimalkan engagement ke pelanggan. Misalanya dengan memberikan kartu ucapan spesial untuk di setiap produk . 

Periode: Biasanya berlangsung awal bulan Desember -31 Desember 

Popularitas: Momen natal dan tahun baru berdekatan, teman-teman Ninja bisa meraup banyak keuntungan jika benar-benar mengikuti keinginan pasar. 

Nah, sekarang Teman Ninja sudah paham kan,, kapan waktu yang tepat untuk memaksimalkan bisnis? 

Semoga event-event belanja tersebut bisa dimanfaatkan dengan maksimal ya! Ingat, kalau orderan meningkat pesat urusan kirim-kirim biar Ninja Xpress yang sikat~

Featured image by Artem Beliaikin from Unsplash

Daftar isi

    Videos

    Shares