Adm09908 Min

Program Pemerintah Untuk UMKM Jawa Tengah

Khusus pelaku usaha di Jawa Tengah intip beberapa program dan fasilitas pemerintah yang bisa kamu dapatkan!

44.338 pelaku usaha kecil menengah terdampak wabah Covid-19. Dari jumlah tersebut, UMKM yang paling banyak terdampak adalah bidang makanan minuman sebanyak 65,33%. Disusul UMKM bidang perdagangan sebesar 16,40% dan jasa 6,93%

Ema Rachmawati (Kepala Dinas Koperasi & UMKM jateng)

Meski telah berhadapan lebih 2 tahun dengan Pandemi Covid-19, nyatanya masih banyak UMKM yang sedang mencoba memperbaiki kondisi ekonominya, termasuk mereka yang berada di Jawa Tengah. Industri yang sangat terdampak ialah bidang kerajinan dan kuliner. Namun di sisi lain, berdasarkan data pengguna internet, 72.56% dari seluruh penduduk atau sebanyak 26.536.320 orang aktif menggunakan internet. Dengan data tersebut, poin pentingnya adalah pelaku UMKM harus mulai “melek” internet dan tren digital untuk memperluas pasar mereka walau pandemi. 

Untuk membantu pelaku UMKM dalam menemukan solusi dari kendala bisnisnya di tengah pandemi, Ninja Xpress siap bantu dengan memberikan kesempatan agar UMKM bisa mendapat dukungan pemerintah dengan meluncurkan program Creative Business Solutions. 

Program dari Ninja yang satu ini punya banyak layanan yang siap bikin bisnis UMKM jadi makin eksis dengan harapan penjualan jadi laris manis. Teman-teman UMKM juga mendapat banyak informasi tentang program pemberdayaan dan pengembangan yang sedang dijalankan oleh pemerintah dan enaknya lagi program ini bisa diikuti secara gratis! Mau tau program apa aja yang disediakan Ninja Xpress dan Pemerintah untuk membantu bisnis UMKM? Yuk, cek dulu! 

1. Pelatihan Bisnis

Adm09865 Min
Sumber: Ninja Xpress

Fokus pandemi yang sangat berdampak juga mengkhawatirkan terhadap pertumbuhan ekonomi dan kemajuan bisnis UMKM, membuat Ninja Xpress gak mau tinggal diam. Ninja Xpress tergerak ingin membantu sekaligus menjadi penghubung antara pelaku UMKM dengan pemerintah agar dapat menemukan solusi yang pas untuk kendala bisnis yang ada. 

Kenapa Jawa Tengah? Selain karena menjadi salah satu kota yang terdampak pandemi paling parah di Jawa Tengah selain itu karena peluang ekonomi di kota ini sangat besar. Mengingat begitu banyaknya jenis usaha kerajinan, kuliner dan masih banyak lagi yang menjadi ciri khas dari kota ini dan tidak ditemukan di tempat lain. Ninja Xpress mendukung kegiatan pemerintah untuk membuka jalan UMKM di sana agar melek digital dan mampu melakukan perubahan dalam sistem pemasaran dengan mengikuti berbagai program yang terdiri dari:

a. Pelatihan Daring Akademi Balatkop

Sejak awal pandemi, Pemerintah Jawa Tengah mengadakan pelatihan supaya UMKM tetap semangat bisa mengembangkan bisnis mereka yang terdampak pandemi dalam program Pelatihan Daring Akademi Balatkop, yang program yang terdiri dari kelas Webinar dan pelatihan online bersama para ahli di bidang industri kreatif, marketing, sales dan lainnya dari berbagai background.

b. Pelatihan Berjenjang

Adalah pelatihan secara offline selama 5 hari yang dibagi menjadi 3 level untuk 1  jenis pelatihan dengan materi yang berbeda sesuai dengan level pelatihannya. Pelatihan ini punya tujuan untuk jadi solusi dari tiap permasalahan bisnis UMKM yang diwakili dalam topik pembahasan di masing-masing level. Mulai dari pembahasan manajemen usaha dan keuangan sampai manajemen operasional dan kualitas SDM, semua lengkap tersedia. Sstt, gak main-main. Temen-temen UMKM Langsung dimentoring sama pelaku bisnis dan konsultan yang sudah berpengalaman dalam membentuk pelaku usaha, lho. Keren kan?

c. UVO (UMKM Virtual Expo)

Adalah program dari pemerintah Jawa Tengah yang dilaksanakan setiap 2 bulan sekali dengan tema yang berbeda pada tiap sesi. Sedikit cerita program ini gak cuma diikuti sama UMKM dari Jawa Tengah aja loh tapi juga dari UMKM seluruh Indonesia untuk memasarkan produk-produk mereka ke pasar nusantara. Dan yang bikin seneng lagi, bahkan ternyata pembelinya sampai ke mancanegara seperti Singapura, Jepang, Perancis hingga Belgia. WOW! Omzet yang dihasilkan dari program ini gak main-main dan bawa angin segar untuk perekonomian bangsa Omzet pada 7 Maret mencapai Rp.4,832 miliar (akumulasi UVO 2020). Salut!

d. Lapak Ganjar

Adalah ajang promosi produk UMKM dengan lewat Instagram. Ide program ini datang sendiri dari Gubernur Jawa Tengah, siapa lagi kalau bukan Bapak Ganjar Pranowo. Produk-produk UMKM ini akan dipromosikan di Instagram Story Ganjar Pranowo. Story yang terpilih akan dibagikan ulang oleh akun @ganjar_pranowo. Sampai tanggal 31 Januari 2022, Lapak Ganjar sampai edisi ke-67 yang mencakup daerah Jateng, Jatim, DIY, Jabar.

2. Co-Working Space Gratis

Pexels Cadeau Maestro 1170412
Sumber: Pexel

a. Hetero Space

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah bekerja sama dengan pihak swasta menyiapkan coworking space gratis untuk pengembangan industri kreatif dan UMKM di Jawa Tengah. Tempat ini disebut sebagai Hetero Space. 

Ninja Xpress berharap agar program ini bisa lebih banyak diketahui oleh pelaku UMKM Jawa Tengah dan program ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Harapannya, dengan adanya Co-working space gratis ini, anak muda dan pelaku UMKM di sana bisa menciptakan kreativitas tanpa batas untuk menghadirkan inovasi dan karya.

Kegiatan yang dilakukan di Hetero Space banyak banget dan difokuskan untuk kemajuan UMKM juga anak muda penerus bangsa. Mulai dari pelatihan bisnis, program magang, program inkubasi untuk pengelolaan bisnis, pengembangan skill penjualan sampai program kerjasama dengan BUMN, BUMD dan pihak swasta.

b. Hetero for Startup

Walaupun muda, bukan berarti cuma leha-leha. Walaupun muda, bukan alasan buat nggak berkarya! Nah, ada juga nih program yang dikhususkan buat anak muda Jawa Tengah yang mau mengembangkan bisnis startup dari dini. Program ini dicetuskan pertama kali oleh Bapak Ganjar dengan tujuan untuk memberdayakan generasi muda yang memiliki keinginan dan keyakinan untuk menemukan solusi atas masalah pada ruang lingkup tertentu. Widih canggih banget gak, tuh? 


Nah, itu tadi kisi-kisi tentang program Creative Business Solutions dari Ninja Xpress dan pemerintah setempat untuk bantu UMKM. Psssst, program ini gak cuma hadiri di Jawa Tengah aja loh, tersedia juga buat pelaku UMKM di kota-kota lainnya. Dan yang bikin happy, semuanya GRATIS! 

Kapan lagi kan, dapet ilmu, ikut pelatihan dan diajarin langsung kiat-kiat penjualan supaya laris manis dari pakarnya langsung. Kami harap, program ini bermanfaat buat Teman Ninja khususnya para pelaku UMKM supaya bisnis yang dijalankan menjadi berkembang dan sukses. Aamiin. Yuk, jangan menyerah dan saling support supaya produk lokal dan perekonomian Indonesia terus eksis di mata dunia, gak peduli apapun hambatannya.

Featured image by Ninja Xpress