Pexels Andrea Piacquadio 3808008

Simak 4 Tips Sukses Jadi Mompreneur Lancar Hasilkan Cuan dari Hobi!

Pengen punya bisnis tapi pengen tetep lancar urus rumah tangga dan anak? Bisa! Makanya, yuk simak dulu artikelnya sampai abis!

Zaman semakin maju, banyak yang bilang kalo jadi Ibu Rumah Tangga enak tinggal urusin suami sama anak aja di rumah. Padahal, siapa yang pusing atur budget bulanan pas harga bahan pokok naik, belum lagi pandemi yang kita semua masih nggak tau kapan selesainya. Sungguh bikin kepala Moms jadi bercabang nggak sih? Sampai harus muter otak pusing ke sana-sini cari ide buat dapetin penghasilan tambahan.

Tapi jangan sedih Moms, kamu juga bisa loh dapet penghasilan tambahan dengan buka usaha sendiri yang modal awalnya dari hobi. Gak salah nih? Beneran, buat Moms yang dari dulu punya hobi masak sampai ngerajut dan kepikiran pengen punya bisnis sendiri, Mba Ira ini contoh suksesnya. Beliau adalah seorang jurnalis yang juga aktif nulis Blog. Karena punya passion dan hobi di luar nulis, akhirnya beliau memutuskan untuk membuka usaha dan jadi mompreneur. Belum lama, Mba Ira jadi pembicara di SONAR (Belajar Bisnis Agar Ibu Hebat Cari Cuan!) dari Ninja Xpress buat sharing dan berbagi ilmu yang beliau ketahui tentang gimana caranya jadi Mompreneur yang sukses hasilkan cuan berawal dari hobi.

Sumber: Dok. Ninja Xpress

Menurut Mba Ira, jalanin bisnis yang berawal dari hobi rasanya nggak ada beban, kalo pun ketemu beban, ya nggak bakal jadi hambatan karena semua yang kita lakuin mulainya dari kesenangan yang datang dari hati alias passion. 

Walaupun udah berkeluarga dan repot bagi waktunya, menurut Mba Ira yang terpenting buat langkah awal jangan lupa selalu kasih penjelasan sama keluarga, harus punya batasan waktu antara bisnis dan orang rumah dan harus punya waktu libur. Nah, dari sini Moms udah terpacu buat berbisnis belom? Oke, langsung aja kita simak tips jadi Mompreneur sukses dari hobi ala Mba Ira dan NinjaXpress:

1. Komunikasikan dengan Keluarga

Sumber: Pexels

Bener banget Moms, komunikasi sama keluarga sepenting itu. Walaupun tadi sempeet disinggung sedikit, tapi di sini kita jabarin alasannya. Karena dengan Moms yang udah berkeluarga, artinya apa yang Moms lakuin butuh banget dukungan, pengertian dan siapa tau ada bantuan dadakan yang Moms juga butuhkan kalo nggak dari keluarga sebagai orang terdekat Moms minta tolong siapa lagi? Dan tentunya hasil dari bisnis yang Moms jalankan juga untuk penuhi kebutuhan keluarga. So, komunikasiin dulu ya Moms dan paastikan si kecil dan juga suami nantinya gak ngerasa dianaktirikan kalo Moms punya bisnis.

2. Pakai Tips ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)

Sumber: Pexels

ATM di sini bukan buat digesek terus ambil uang ya, tapi ATM ini bisa Moms pakai buat dapetin ide-ide menarik memulai bisnis. Kadang kita nggak selalu tau mau bisnis apa atau punya passion di mana, dengan nerapin sistem ATM alias amati, tiru dan modifikasi ini, bisa jadi cara jitu Moms buat temukan ide jualan. Tapi inget, bukan plagiasi yaa. Kalo cuma terinspirasi itu wajar, tapi kalo plagiasi itu kriminal. Hiii ngeri.

3. Hobi dan Passionmu yang Jadi Ciri Khasmu

Sumber: Unsplash

Ngerasa hobi dan passionmu kok beda ya dari orang lain, apa itu aneh? Jawabannya, tentu tidak dong. Kenapa? Karena kodrat manusia memang terlahir dengan keunikan yang berbeda-beda. Justru kalo kamu punya hobi dan passion yang beda dari orang lain, hal ini bisa jadi anugerah dan ciri khas kamu. Kamu juga bisa jadi pionir atau yang pertama kali munculin ide bisnis dari hobimu yang unik.

4. Manfaatkan Teknologi dan Media Sosial

Sumber: Unsplash

Ini dia salah satu yang nggak boleh kelewat, zaman udah canggih jangan sampai Moms nggak melek teknologi. Bukan apa-apa, karena nantinya Moms sendiri juga yang bakal repot untuk kebutuhan bisnis kamu. Zaman sekarang hampir semuanya serba digital, kalo orang lain bisa paham, nanti bisnis Moms sendiri yang nggak jalan-jalan. Nah, buat kita-kita yang hobinya kepo sama gosip tanah air, mending dihilangin dan ganti jadi kepoin trend apa yang ada di medsos, ini mah bakal ngaruh banget buat perkembangang bisnis Moms. Dengan ikutin trend kemudian dimodifikasi sama ciri khas Moms, bisnis kamu besar kemungkinan bakal lebih diminati. Nah, kalo ini namanya jemput peluang.

Nah itu dia sedikit tips dari kelas SONAR NinjaXpress bersama mba Ira. Buat liat info dan tips lebih lanjut dari Mba Ira, kamu bisa tonton video fullnya di sini:

Jangan lupa share juga ke genk Moms lainnya supaya gak takut atau setengah hati buat jadi mompreneur, apalagi amit-amit kalo sampai salah langkah berbisnis buat dapetin cuan tambahan. Semoga tips-tips dari Mba Ira dan Ninja Xpress bermanfaat yaaa. Jangan lupa, kalo kamu udah dapet orderan, kirimnya pakai Ninja Xpress yang selalu #SiapBantuSampaiTujuan.