Chuttersnap Bnba1h Ngdy Unsplash

Apa Itu Fulfillment dan Mengapa ini Penting Untuk Bisnismu

Belum punya tempat penyimpanan yang memadai serta kekurangan karyawan untuk operasional binismu? Fulfillment bisa jadi opsi solusimu.

Bisnis semakin berkembang, jenis produk yang dijualpun semakin bertambah, belum lagi diiringi dengan jumlah orderan yang selalu meningkat. Selain belum memiliki gudang penyimpanan yang memadai, hal lain yang menjadi kendala adalah kurangnya karyawan atau orang untuk memproses semua orderan yang masuk.

Kendala seperti ini mungkin juga bisa terjadi di bisnismu, lalu apa yang bisa dilakukan? Mengambil jasa penyewaan gudang/warehouse mungkin menjadi salah satu opsi solusi, namun tidak bisa menyelesaikan semua permasalahan. Alih alih menggunakan solusi tersebut, mungkin kamu bisa mencoba jasa fullfillment. Sudah pernah mendengar istilah fullfilment? mungkin sebagian besar akan menjawab iya, namun apa sebenernya fullfillment dan bagaimana ini bisa membantu bisnismu? Tenang, kami telah merangkum beberapa informasi seputar fulfillment mulai dari pengertiannya, proses hingga keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Yuk di simak!

1. Apa itu Fulfillment?

Pexels Bence Szemerey 7513430
Sumber: Pexels

Jangan sampai salah arti antara warehouse dan fulfillment. Tidak seperti warehouse yang hanya menyediakan jasa tempat penyimpanan saja, fulfillment memberikan pelayanan yang lebih mulai dari penyimpanan barang, pengemasan, hingga pengiriman barang dilakukan dengan terorganisir. Jasa ini memberikan kebebasan bagi pelaku usaha untuk fokus memikirkan bagaimana untuk mengembangkan bisnisnya, dimana urusan manajemen operasional dapat langsung ditangani oleh penyedia jasa. Perlu diketahui juga nih Teman Ninja, fulfillment jadi istilah baru dalam dunia logistik di sektor Business to Business (B2B) atau bisa juga untuk Business to Consumer (B2C).

2. Gimana Proses Fulfillment?

Pexels Tiger Lily 4480796
Sumber: Pexels

Supaya kamu dapet gambaran tentang Fulfillment. kamu harus paham dulu tentang alur kerja fulfillment. Berikut ini adalah tahapan-tahapan fulfillment:

a. Pengambilan barang (Picking)

Yang pertama adalah pengambilan barang. Gimana caranya? Yang dilakukan jasa fulfillment adalah menuju ke tempatmu untuk melakukan pick-up terhadap barang-barang yang kamu jual yang siap untuk dikirimkan kepada pelanggan. Sekedar saran sih, ada baiknya kamu perlu siapin stok cadangan untuk mengantisipasi kehabisan. 

b. Pengelolaan barang (Inventory Management)

Kemudian pengelolaan barang atau inventaris perusahaan. Salah satu proses yang penting dalam bisnis untuk menjaga stok barang. Dengan stock management yang baik, semua barang akan tercatat dan nggak ada yang kelewat. Supaya status prioritas barang  menjadi jelas, mana yang butuh restock mana yang tidak.

c. Pengemasan barang (Packing)

Saat pesanan datang, pihak fulfillment mulai melakukan pengemasan barang sesuai dengan protokol tokomu agar barang dapat sampai ke tangan pelanggan dengan aman. Walaupun kamu gak lagi harus mengerjakan packing, kamu tetap bisa monitoring pergerakan. 

d. Pengiriman barang (Shipping)

Penyedia jasa fulfillment biasanya sudah kerjasama dengan perusahaan pengiriman untuk menangani proses ini. Selain itu, dari fulfillment center juga akan filter semua pesanan sesuai dengan logistik yang dipilih pelanggan serta juga dapat membantu proses pengembalian pesanan produk oleh pelanggan.

3. Kenapa Harus Beralih ke Fulfillment?

Pexels Tiger Lily 4483610
Sumber: Pexels

Dari penjelasan di poin-poin sebelumnya, udah kebayang dong berapa banyak tenaga kerja yang harus dikerjakan kalo misalnya nggak ada jasa fulfillment? Fulfillment sendiri menawarkan beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan:

  1. Biaya yang lebih fleksibel sesuai dengan kebutuhan. 
  2. Menyediakan SDM untuk melakukan keseluruhan proses back-office operation. 
  3. Nggak kebingungan meletakkan stok barang karena disediakan gudang penyimpanan
  4. Hemat waktu karena kamu gak lakuin semuanya sendirian lagi. Jadi punya waktu lebih untuk pantau hal lainnya di luar penyimpanan barang, pengemasan, hingga pengiriman 
  5. Membantu perusahaan atau pemilik bisnis mengatasi fluktuasi musiman karena jasa fulfillment akan melakukan penyesuaian untuk mengatur semuanya.
  6. Akurat dalam pengiriman

Semoga tips penggunaan jasa fulfillment ini bisa bermanfaat buat Teman Ninja.

Featured image by CHUTTERSNAP from Unsplash