5 Film Indonesia yang Cocok Untuk Pebisnis

Ninja Van

5 Film Indonesia yang Cocok Untuk Pebisnis

Nyatanya menjalankan bisnis tak semudah yang dibayangkan, tonton 5 film ini untuk tetap membuat kamu termotivasi!

Mengelola bisnis pastinya banyak tantangan dan gak selalu mulus, wajar karena pekerjaan ini bukan satu hal yang mudah. Ketika sudah mulai merasa jenuh, ada baiknya jika kamu rehat sejenak, beristirahat sambil mengisi waktu dengan hal-hal yang kamu suka, menonton film misalnya?

Agar dapat membangkitkan semangat kamu lagi, nih ada 5 rekomendasi film yang seru untuk kamu tonton, yang juga bercerita tentang tantangan yang dihadapi ketika merintis bisnis dan seputar usaha. Jadi bisa menghibur kamu yang sedang jenuh sekaligus memberikan inspirasi dan motivasi buat kamu ngejalanin bisnis. Cek yaa!

Cek Toko Sebelah (2016)

Source: StarvisionPlus

Ringkasan: Film ini menceritakan seorang tokoh bernama Erwin yang harus dihadapkan dengan pilihan melanjutkan karir yang sudah mapan atau meneruskan bisnis keluarga yang sudah berjalan. Cerita ini cukup berhubungan dengan anak muda yang diharuskan memilih mengejar karir atau meneruskan bisnis keluarga.

Hal yang bisa kamu pelajari: Dengan menonton film CTS, secara tidak langsung kamu bisa belajar soal opportunity cost dalam mengelola sebuah bisnis loh. Bagaimana mengelola resiko, bagaimana kamu mengambil keputusan untuk hal-hal sensitif yang berhubungan dengan keluarga, dan banyak lagi. 

“Emang ya kalo berharap banyak, harus siap kecewa banyak.” Quote paling populer dari Koh Afuk di film Cek Toko Sebelah.

Filosofi Kopi (2015)

Source: Visinema Pictures

Ringkasan: Filosofi Kopi bercerita tentang perjuangan yang harus dilewati oleh Ben & Jody yang terbelit hutang ratusan juta rupiah yang mengancam usaha kopi yang sedang mereka jalankan serta menyelesaikan konflik yang terjadi akibat masalah ini.

Hal yang bisa kamu pelajari: Di film ini, kamu akan melihat bagaimana gambaran dalam mengelola sebuah kedai kopi. Dimulai dari pemilihan biji kopi, suasana di sebuah kedai kopi, interaksi antara karyawan dengan konsumen kedai kopi, hingga bagaimana mengelola cash flow atau arus keuangan sebuah kedai kopi.

Selain cerita yang sangat menarik untuk para pecinta kopi, lewat film ini kamu juga bisa belajar bagaimana merintis bisnis sesuai passion bersama seorang sahabat dan mengelola konflik-konflik yang terjadi dalam membangun bisnis.

Salah satu quote dari film Filosofi Kopi “Sama halnya dengan pahitnya rasa kopi. Pahitnya hidup itu sebenarnya bisa dinikmati tergantung bagaimana kita menyikapinya.”

Milly & Mamet (2018)

Source: StarvisionPlus

Ringkasan: Film yang bergenre komedi ini mengangkat kisah pasangan suami istri yang tengah disibukkan dengan mengurus bayi lucu mereka. Mamet yang memiliki passion memasak dan sempat bekerja sebagai seorang chef, kini harus bekerja di pabrik milik orangtua Milly untuk menghidupi keluarganya. Cerita semakin menarik ketika Mamet mulai merintis bisnis restoran yang ia impikan sejak lama, sebuah konflik dengan pasangan dan permasalahan dalam bisnis bercampur menjadi satu.

Hal yang bisa kamu pelajari: Dari film Milly & Mamet, kamu bisa belajar bagaimana menyelesaikan permasalahan dengan pasangan (khususnya buat kamu yang sudah berkeluarga dan memiliki anak), membangun bisnis sesuai passion dan saling menjaga kepercayaan. Yang terpenting, belajar membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan agar seimbang.

Laundry Show (2019)

Source: MVP Pictures ID

Ringkasan: Film ini menceritakan kisah seorang tokoh bernama Uki yang merintis bisnis laundry setelah memutuskan resign dari pekerjaan tetapnya karena alasan jenuh dan merasa tidak dihargai oleh bosnya. Sayangnya, mengurus bisnis tidak semudah yang dibayangkan oleh Uki. Bisnis laundry milik Uki pun berjalan naik turun, meskipun Uki sudah merogoh kocek cukup dalam hingga menjual mobilnya untuk merenovasi ruko dan membeli peralatan laundry. Akan tetapi, Uki masih menemukan berbagai permasalahan, mulai dari karyawan yang absurd hingga persaingan dengan kompetitor.

Hal yang bisa kamu pelajari: Bagaimana Uki merintis bisnis dan menghadapi masalah-masalah seputar bisnis laundry-nya. Meskipun film ini berhubungan dengan permasalahan cinta, tapi banyak hal yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk merintis bisnis kok.

“Kan kata Kokoh pelanggan adalah raja. Lha kalo raja minta potongan harga masa kita ngga ngasih?” Salah satu quote jenaka dari film Laundry Show.

9 Summers 10 Autumns (2013)

Source: MuvilaTrailerID

Ringkasan: Film 9S10A merupakan film motivasi yang menceritakan seorang tokoh bernama Iwan yang masa kecilnya tumbuh di Kota Batu – Malang dengan kondisi keluarga yang sederhana. Iwan merupakan satu-satunya anak laki-laki yang nantinya akan menjadi tumpuan keluarga dan sebisa mungkin merubah nasib atau kondisi ekonomi keluarga.

Hal yang bisa kamu pelajari: Film ini memang tidak banyak membahas sisi bisnis secara langsung, tapi kamu bisa mengambil inspirasi bagaimana perjuangan Iwan dalam mewujudkan mimpinya untuk sukses dan tentu dengan dorongan yang tidak henti dari sang ibu. Kegigihan dan semangat dari tokoh utama bernama Iwan, bisa kamu aplikasikan dalam mewujudkan setiap visi bisnis kamu dan jangan lupa untuk selalu meminta support dari orang terdekat kamu, salah satunya adalah ibu.

“Iwan ndak takut hantu, Buk. Iwan takut miskin.” Quote di film 9S10A dari kepolosan Iwan saat masih kecil.

Nah dari kelima film di atas, film mana yang Teman Ninja belum tonton? Atau malah sudah ditonton semua? Kalau sudah ditonton semua, film apa yang jadi favorit kamu?

Source: quotefancy

Menjadi seorang pebisnis memang harus siap belajar dengan siapapun dan kapanpun, salah satunya belajar melalui sebuah film. Kamu harus siap dengan setiap perubahan, merespon perubahan tersebut dan mengambil setiap kesempatan yang datang.

Oh iya, kalau kamu punya rekomendasi film yang wajib ditonton sama pebisnis pemula, bisa banget kamu share di kolom komentar ya!

Featured image by Georgia Vagim from Unsplash

Daftar isi

    Videos

    Shares